Selasa, 25 Juli 2017

KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) GEOGRAFI DI GILI AIR KLU

Para Peserta KKL Geografi berpose bersama di Gili Air KLU
Sebagai amanat kurikulum, Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi kembali melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kegiatan ini dihajatkan sebagai bentuk upaya Program Studi Pendidikan Geografi dalam rangka meningkatkan pengetahuan para mahasiswanya, sehingga tidak terjebak pada pengetahuan teoritis belaka. Kali ini kegiatan dipusatkan di Kabupaten Lombok Utara, tepatnya di Gili Air yang merupakan salah satu Gili Tramena (Trawangan, Meno, dan Air) sebagai kawasan wisata utama di Kabupaten Lombok Utara. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari, yaitu hari Senin  dan Selasa Tanggal 22 sampai 23 Mei 2017.

Peserta KKL terdiri dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi semester 6 dan 8 yang berjumlah 44 orang dengan dosen pendamping sebanyak tiga orang. Kegiatan KKL ini mengusung tema “Studi Bentang Alam dan Budaya di Kawasan Gili dan Pesisir Kabupaten Lombok Utara”. Hadir sebagai dosen pendamping yaitu bapak Drs. Suroso, M.Si, bapak Agus Muliadi Putra, M.Si. dan bapak Hasrul Hadi, M.Pd.

Hari pertama kegiatan KKL, para pseserta melakukan observasi, wawancara dan menerima pengarahan dari dosen pendamping terkait kegiatan yang dilakukan. Kegiatan pengumpulan data yang dilakukan oleh para peserta difokuskan pada pengkajian bentang alam dan budaya di gili air, baik yang berkaitan dengan kajian geografi fisik (geomorfologi, oseanografi, dan ekologi)  maupun geografi manusia seperti kondisi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat setempat. Kegiatan pengumpulan data dilakukan pada sore hari. Mulai pada pukul 16.00 wita dan berakhir pada pukul 18.00 wita dan dilanjutkan dengan istirahat, sholat dan makan malam (Ishoma).
Peserta KKL Geografi mendapat pengarahan dari dosen pendamping
Salah satu kelompok peserta KKL yang sedang melakukan pengumpulan data lapangan
Ketika waktu istirahat berakhir pada pukul 20.00 wita, para peserta berkumpul kembali di salah satu ruang kelas Sekolah Dasar (SD) untuk melakukan kegiatan review dan diskusi terhadap data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Kegiatan review dilakukan mulai dari masing-masing perwakilan kelompok, kemudian dilanjutkan dengan tambahan pemaparan sekaligus review terhadap hasil data yang dikumpulkan para peserta KKL oleh dosen pendamping lapangan.
Diskusi dan Review data lapangan
Hari kedua, para peserta KKL dan dosen pendamping melanjutkan kegiatan menuju pantai tebing di kecamatan Gangga. Kegiatan yang dilakukan berupa observasi terhadap material (batuan) penyusun tebing, dan juga dilakukan analisis situasi lokasi KKL didampingi oleh dosen pendamping lapangan. Kegiatan kuliah Kerja Lapangan pun berakhir di Pantai Tebing. Namun, sebagai penutup, kegiatan KKL ini diakhiri dengan kunjungan ke Air Terjun Sendang Gila di Senaru Lombok Utara sebagai kegiatan menghilangkan lelah (refreshing) setelah berkutat dengan kegiatan di lapangan. 
Observasi di Pantai Tebing
Kenampakan lahan Pantai Tebing
Mandi bersama di Air Terjun Sendang Gila Senaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar