Senin, 24 Juli 2017

FORUM SILATURRAHMI MAHASISWA (FoSiMa) UNS - NTB, WADAH PEMERSATU MAHASISWA UNS ASAL NTB

Bermula dengan adanya pertemuan di suatu malam sehabis isya, bertempat di masjid Syukur, Kentingan, Jebres Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tepatnya pada Januari di awal tahun 2013. Pertemuan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang diinisiasi oleh saudara Muhammad Ghazali, M.Pd. yang kemudian didukung oleh rekan-rekan seperjuangan dan serantauan. Pertemuan tersebut bertujuan untuk menjalin silaturrahmi antar mahasiswa yang berasal dari NTB, khususnya Lombok pada waktu itu. Silaturrahmi yang dimaskudkan adalah terjalinnya hubungan baik antara mahasiswa Pascasarjana UNS lama dengan calon mahasiswa baru (Akan tes seleksi masuk). 

Silaturrahmi tersebut diisi dengan kegiatan berupa pembacaan yasin dan doa bersama, demi kelulusan calon mahasiswa baru dan demi kelancaran segala urusan. Selanjutnya ditambah dengan kegiatan perkenalan dan ramah tamah. Suasana gembira, hangat dan bersahabat kental terasa pada pertemuan malam itu. Jumlah peserta pertemuan (mahasiswa lama dan baru) itu sekitar 30-an orang, dari berbagai jurusan, tingkatan dan tempat asal kost-an. Dalam pertemuan tersebut juga disampaikan harapan-harapan masing-masing mahasiswa dan calon mahasiswa kedepan terkait dengan keberadaannya di Surakarta, dalam rangka menuntut Ilmu. Dari pertemuan tersebut melahirkan gagasan untuk membentuk sebuah forum sebagai wadah berkumpul, berdiskusi, menyikapi permasalahan bersama dan lainnya. sehingga, dibentuklah tim pembentukan pengurus yang terdiri dari 4 orang yaitu Hasrul Hadi (Koordinator Tim), Asrorul Azizi (Kadus Kost Jurug), dan Rapii (Kadus Kost Kubucin), dan Iman Darmawan (Kadus Kost Annur).

Sebulan kemudian, tepatnya tanggal 4 Februari 2013 diadakan pertemuan lagi di tempat dan waktu (jam) yang sama. Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya, dimana pertemuan ini dihadiri oleh 20 orang. Agenda pertemuan kali ini adalah yasinan dan pembentukan pengurus serta penentuan nama forum atau perkumpulan yang akan dibentuk. Setelah melalui proses diskusi dan musyawarah yang cukup panjang, tawaran demi tawaran nama forum telah disampaikan oleh beberapa peserta pertemuan. akhirnya disepakatilah nama "Forum Silaturrahmi Mahasiswa (FoSiMa) UNS-NTB" sebagai nama forum atau perkumpulan yang dibentuk bersama. Selain nama forum, dipilih juga pengurus yang hanya terdiri dari pengurus inti. Setelah melalui proses pemilihan secara demokratis, akhirnya 3 orang terpilih sebagai pengurus yaitu Hasrul Hadi (Ketua Terpilih), Idham Khalid (Sekretaris terpilih) dan Hilmiyatun (Bendahara Terpilih).

Pada tanggal 17 Maret 2013 dilakukan pertemuan kembali. Kali ini dengan agenda yasinan, rapat program dan validsi kepengurusan. Dihadiri oleh 15 orang, dengan keputusan bersama berupa; 1) pertemuan rutin dilakukan setiap dua minggu sekali, 2) Agenda tiap dua minggunya adalah diskusi dengan dua orang pemateri, menyampaikan materi dengan topik yang sama dengan sudut pandang yang berbeda. 3) setiap kali pertemuan mengeluarkan iuran sebesar 5000 per orang. 4) Untuk diskusi perdana disampaikan oleh Ketua dan Sekretaris Terpilih dengan topik "lingkungan" (proses pengajuan pemateri diskusi perdana memakan waktu yang cukup lama, dan diskusi yang cukup alot, namun akhirnya pengurus terpilih /ketua dan sekretaris mengambil inisiatif untuk tampil sebagai pemateri pertdana). 

Diskusi pertadana dilakukan pada tanggal 1 April 2013 ba'da isya di masjid As-syukur. diskusi berlangsung lancar. Pada pertemuan selanjutnya diskusi terus berlangsung dengan baik dan harapan demi harapan untuk terus lebih baik selalu tertanam didalam hati sanubari setiap anggota FoSiMa UNS - NTB.

Maju Terus FoSiMa NTB..!!

Surakarta, 7 Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar