Senin, 24 Juli 2017

GEOAKSI

Oleh : Hasrul Hadi, M.Pd.

(Pembina HMPS Pendidikan Geografi)

GEOAKSI merupakan sebuah gagasan program sebagai basis kegiatan utama dan unggulan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi. Kata “GEOAKSI” dapat dirartikan sebagai aktivitas yang dilandasi oleh ilmu Pendidikan Geografi. GEOAKSI diibaratkan sebagai sebuah payung yang menaungi beberapa program unggulan bidang Pendidikan Geografi. Selain itu, GEOAKSI juga berfungsi sebagai wadah unjuk karya bagi mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi. Sehingga dengan singkat dapat dikatakan GEOAKSI adalah sekumpulan aksi nyata dan karya mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi. Pelaksanaan program ini dapat dikembangkan berdasarkan ide-ide kreatif mahasiswa maupun dosen prodi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi. Beberapa program tersebut antara lain :

1. Penulisan Karya Ilmiah
Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap kemajuan ilmu pengetahuan. Sebagai ajang perlombaan menghasilkan karya tulis ilmiah terbaik serta sebagai tanggung jawab moral menjalankan salah satu domain tridharma perguruan tinggi. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Pembina HMPS dalam hal pelatihannya rutin satu kali dalam seminggu. Diharapkan dari kegiatan pelatihan tersebut, sensitivitas mahasiswa dalam melihat berbagai fenomena geosfer menjadi inspirasi penulisan karya ilmiah yang muaranya pada even-even perlombaan karya tulis ilmiah baik di tingkat, lokal, nasional bahkan internasional. Selain itu, karya tulis mahasiswa juga diharapkan dapat dipublikasikan di berbagai media publikasi.

2. Seminar Nasional Geografi
Kegiatan ini bertujuan meningkatkan wawasan mahasiswa khususnya dalam bidang pendidikan geografi sebagai wujud pengembangan ilmu pengetahuan. Di samping itu kegiatan seminar nasional geografi juga dapat menjadi pencerahan bagi segenap mahasiswa geografi maupun guru-guru geografi. Sehingga diharapkan mampu menambah dan mengikuti perkembangan khazanah ilmu pengetahuan, khususnya di bidang pendidikan geografi.

3. Pengembangan Media dan Model Pembelajaran Geografi
Untuk menjawab berbagai permasalahan pembelajaran Geografi di sekolah, khususnya pada jenjang pendidikan menengah (SMP dan SMA), maka dibutuhkan upaya pengembangan media dan model pembelajaran yang inovatif. Kegiatan pengembangan media dan model pembelajaran inovatif ini dilakukan oleh mahasiswa dengan pendampingan intensif dari dosen.

4. Geo Green Action
Kegiatan ini merupakan aksi nyata sebagai langkah untuk menghadapi persoalan kekeringan dan sebagai langkah konservasi lahan kritis. Geo Green Action terdiri dari dua aksi utama, yaitu pembibitan pohon dan penghijauan lahan kritis. Kegiatan pembibitan dipusatkan di sebuah lahan milik orang tua salah seorang mahasiswa di lingkungan Desa Majidi Kecamatan Selong. Lahan tersebut sekaligus dijadikan Basecamp GeoGreen Action yang sifatnya sementaraAksi selanjutnya yaitu kegiatan penghijauan yang dilakukan pada lahan kritis, khususnya yang berada di Kabupaten Lombok Timur, dan di Provinsi NTB serta daerah lainnya di Indonesia pada umumnya.

5.  Creative GeoArt
Sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam bidang seni dan sastra, maka dicetuskan program Creative GeoArt. Program ini sebagai bentuk ekspresi seni mahasiswa yang content (isi) nya berkaitan dengan pendidikan geografi. Segala jenis karya seni maupun sastra dapat diciptakan mahasiswa, baik berupa seni music, lagu, drama, puisi, gambar, lukisan, karikatur, desain, dan lainnya yang pada intinya karya seni ataupun sastra tersebut terkait dengan pendidikan geografi.

6.  GeoTrip
Pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan geografi tidak hanya dilakukan di dalam kelas. Tetapi juga sebagai wujud mendalami ilmu geografi dilakukan dengan kegiatan kunjungan lapangan (GeoTrip). Kegiatan ini berupa kunjungan lapangan dengan kegiatan observasi dan penggalian data geografi secara langsung di lapangan dengan bimbingan dari dosen prodi pendidikan geografi. Harapannya, kegiatan ini dapat dijadikan wadah pengembangan ilmu pengetahuan khususnya bagi mahasiswa dan kemudian akan dikembangkan bagi siswa-siswa sekolah, khususnya di tingkat SMP/MTs dan SMA/MA.

7.  GeoEvent
GeoEvent merupakan salah satu program yang dipersiapkan untuk diisi oleh even-even yang dirancang dan dilaksanakan sesuai dengan momen-momen tertentu. Misalnya, dalam rangka mempringati hari bumi dilakukan kegiatan kemah bakti geografi, olimpiade geografi tingkat SMP dan SMA, penanggulangan bencana, dan sebagainya. 

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar