Senin, 24 Juli 2017

ADA APA DENGAN FACEBOOK ?


Salah satu media dalam dunia maya yang banyak digandrungi orang saat ini adalah facebook. Tidak hanya dari golangan muda, para orang yang berumur tuapun tak jarang yang ikut nimbrung di media ini. Umur tidak menjadi pembatas dalam menggunakan media jejaring sosial pertemanan ini. Media online ini lebih kearah bagaimana proses pertemanan dengan banyak orang dan golongan terjadi. Berteman dengan siapa saja sangat mungkin terjadi selama memiliki akun facebook.

Pada media yang cukup banyak penggunanya ini ada satu layanan berupa up date status. Layanan ini memungkinkan orang untuk menuliskan apa yang ada difikirannya sehingga mampu dibaca oleh pengguna lain yang memang sudah terdaftar menjadi teman. Dari status yang sudah dituliskan tersebut maka orang lain yang sudah terdaftar menjadi teman bisa berkomentar terhadap apa yang telah dituliskan di kolom status. Tak hanya status yang bersifat positif dapat ditampilkan namun tak jarang juga yang bersifat negatif. Pernyataan seseorang dalam statusnya terkadang bersifat profokatif dan ambiguitas, sehingga mengundang berbagai macam tanggapan dari pengguna lain dalam bentuk komentar.

Facebook memungkinkan kita berteman dengan siapa saja, tentunya bagi orang- orang yang sudah terdaftar. Proses pertemanan berawal dari permintaan salah satu pengguna ke pengguna lainnya. Namun bisa juga salah satu pengguna merekomendasikan temannya untuk berteman dengan orang lain. Pertemanan merupakan hal yang menarik karena berbagai informasi dari teeman setiap saat bisa didapatkan dari aktivitas online-nya. Mulai dari status, komentar dinding, saling colek, upload foto dan sebagainya. Tak jarang pertemanan lewat media ini juga berujung pada hubungan yang lebih serius di dunia nyata.

Tak jarang kalangan tertentu menjadikan facebook sebagai media untuk berdiskusi. Tema diskusi yang diadakan  bebas tanpa batas. Ada yang berdiskusi seputar kehidupan, cinta, politik, kampus, sampai persoalan urusan rumah tangga dan sebagainya. Diskusi yang terbangun semakin seru dan semakin panjang ketika ada pernyataan- pernyataan yang kontroversi dari pengguna media ini. Berdiskusi hal- hal positif jelas berdampak positif dan begitu juga sebaliknya, dan itulah pemandangan yang lumrah dalam media ini.

Media ini bisa diibaratkan sama dengan sebuah pisau. Mampu membunuh jika digunakan membunuh dan bisa bermanfaat jika digunakan memotong sayur. Banyak pengetahuan sebenarnya yang bisa kita dapatkan dari media ini, itupun tergantung sejauh mana kita mau memanfaatkannya. Pengetahuan tidak saja dari hasil sharing dengan teman namun pada media ini juga disediakan kolom berita yang merupakan sumber pengetahuan ter up to date. Dari berita tersebut kita bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan sehingga manfaat dari menggunakan media ini bisa dirasakan.

Berekspresi tidak hanya bisa kita saksikan secara langsung di dunia nyata, namun melalui media ini juga ekspresi itu sangat mungkin dilakukan. Ekspresi diri bisa beragam bentuknya, mulai dari yang berbentuk tulisan, foto, maupun video. Berbagai macam ekspresi jiwa para pengguna bisa kita lihat dari apa yang ditampilkan dan dibagikan kesemua pengguna, baik itu yang berupa tulisan, foto maupun video. Tak jarang media ini dijadikan untuk ajang curhat melampiaskan perasaan yang sedang dirasakan. Berbagai komentarpun bermunculan mulai dari saran sampai ejekan bisa dinikmati oleh pengguna. Sehingga bisa disimpulkan media ini menjadi wahana ekspresi yang bebas sehingga semua teman mampu membuat sebuah kesimpilan dan komentar dari ekspresi yang ditampilkan.

Lawan dari kata “teman” jelas adalah “musuh” . dua kata ini menjadi tidak asing lagi ditelinga kita tatkala menggunakan media ini. Kita bisa saja mempunyai teman yang banyak namun hal itu bukan berarti kita terhindar dari musuh. Mark zuckerberg pencipta facebook ini mengatakan bahwa untuk mampu mendapatkan teman yang banyak maka harus diimbangi juga dengan mampu menciptakan musuh. Itulah gambaran keterkaitan yang cukup tinggi antara teman dengan musuh. Saling intrik saling ejek, sampai fitnah memfitnah bisa kita temukan pada media ini. Sebagai bentuk perang dalam melawan musuh- musuh di facebook  tentunya menggunakan fasilitas ekspresi yang sudah kita bahas sebelunnya. Tulisan paling sering menjadi senjata ampuh yang bisa digunakan untuk saling menjatuhkan antara satu dengan lainnya. Media gambar dan video juga menjadi alat yang ampuh untuk memvisualisasikan apa yang menjadi keinginan untuk menjatuhkan lawan. Sehingga tak tak heran kemudian perang dunia maya ini berujung konflik dan mendatangkan petaka dalam kehidupan nyata.

Terkadang media jejaring sosial perteman ini bisa menjadikan orang kecanduan. Karena terlalu larut dalam suasana menyenangkan tak heran kegiatan “berfacebook ria” mendarah daging terhadap penggunanya. Pagi siang, sore maupun malam pengguna media ini terkadang tidak sadar akan waktu yang telah di habiskan hanya untuk menyalurkan hasratnya dalam menggunakan media ini. Segala aktivitas penggunanya biasanya akan banyak diketahui oleh pengguna lainnya karena setiap saat proses up date informasi terus dilakukan. Sehingga akan terlihat orang- orang yang memang mempunyai intensitas yang tinggi terhadap penggunaan media ini.

Di Negara Mesir pergolakan politik terjadi, sebagai bentuk agitasi dan propaganda massa untuk menurunkan rezim presiden dari jabatannya maka dilakukan mengunakan media ini. Doktrinasi berupa penyadaran massa terhadap kondisi negara yang kalut menjadikan massa beribu –ribu jumlahnya turun kejalan melakukan aksi menuntut turunnya rezim presiden yang memerintah begitu lama. Dari sini kita melihat begitu besar pengaruh dari penggunaan media ini. Sampai pada akhirnya berujung pada pemblokiran media ini oleh pemerintah guna mengurangi semakin meningkatnya jumlah massa penuntut. Itulah salah satu gambaran betapa media ini bisa berfungsi efektif bila digunakan dengan tepat.

Akhirnya semoga saja media ini mendatangkan banyak manfaat bagi kita semua. Tak hanya mewujudkan fungsi rekreatif namun lebih kepada fungsi edukatif, sehingga anak bangsa bisa lebih berkualitas sebagai hasil pemanfaatan media ini. Semoga saja semua harapan positif bisa terwujud dengan penggunaan berbagai macam media termasuk salah satunya media ini. Harapan demi harapan terus tercurah demi kemajuan. Dan khusus bagi pengguna setia, maka sangat penting kemudian menjadikan media sebagai sarana yang menjadikan kita menjadi lebih sukses dan lebih baik dari masa- masa sebelumnya. SUKSES adalah sebuah keharusan yang diraih dari rasa optimis. Banyak cara lain untuk meraih kesuksesan, termasuk media facebook ini, kalau kita mau menfaatkannya dengan baik. Pilihannya tentu ada pada diri kita masing- masing. So, jadilah orang yang selalu SUKSES dalam stiap waktu dalam setiap langkah kehidupan...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar